Cuaca Laut Kondusif, Pelayaran Normal

Sumenep, Jawa Pos - Cuaca laut di Laut Jawa dan Perairan Kepulauan Kangean mulai bersahabat. Sejak Jumat (9/3) pekan lalu, aktifitas armada pelayaran yang melayani lintasan antar-pulau di Sumenep beroperasional. Kemarin sekitar pukul 14.00, KM Padi dipastikan berangkat dari Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Masalembu.


Kepala Kantor Administratur Pelabuhan (Adpel) Kalianget, Abd. Rachem mengaku, pada pekan lalu tepatnya 6-8 Maret, pihaknya sempat melarang aktifitas armada pelayaran yang melayani lintasan antar-pulau Sumenep. Pasalnya, cuaca laut dianggap tidak laik layar. "Tapi, sejak Jumat (9/3), kondisi di laut sedikit demi sedikit mulai membaik," tuturnya, kemarin.


Sehingga, sejak akhir pekan lalu pula, KM Padi dan KM Kasih Abadi 8 yang dipercaya melayani lintasan keperintisan kembali beroperasional. Kemarin pukul 07.00, KM Padi tiba di Kalianget setelah berlayar dari Kangean. Lalu, pada pukul 14.00, KM Padi langsung berangkat menuju Masalembu. "Cuaca di laut memang laik layar," paparnya pada koran ini.


KM Padi dan KM Kasih Abadi 8 merupakan armada yang menang tender dalam lelang lintasan keperintisan. KM Padi melayani lintasan R-11 dengan rute (pulang pergi) Banyuwangi-Kangean-Sapeken-Pagerungan-Kalianget-Sapudi-Masalembu-Surabaya. KM Kasih Abadi 8 melayani lintasan R-10: Surabaya-Masalembu-Kalianget-Sapudi-Kangean-Sapeken-Banyuwangi.


Rachem menjelaskan, sebenarnya, KM Padi dan KM Kasih Abadi 8 mulai operasional sejak minggu ketiga bulan Februari lalu. Namun, cuaca laut yang kurang bersahabat memaksa 2 armada keperintisan tersebut untuk sementara di-off-kan. "Selama kondisi laut laik layar, 2 armada keperintisan ini dipastikan akan beroperasional," pungkasnya. (yat)


Sumber: Jawa Pos, Selasa, 13/03/2007