Bukit Gegger Diusulkan Terima Anugerah Wisata

Bangkalan, Jawa Pos - Penghargaan Anugerah Wisata Tahun 2006 yang telah diraih, tidak menyurutkan langkah Pemkab Bangkalan untuk kembali mendulang prestasi sama. Saat ini, pemkab mengusulkan Bukit Gegger sebagai nominasi penerima Anugerah Wisata Tahun 2007. Dataran tertinggi di Madura ini diusulkan ke Dinas Pariwisata Jatim setelah menjadi salah satu lokasi andalan wisata alam. Di lokasi tersebut ditetapkan sebagai daerah camping ground (perkemahan) dan hiking (pendakian).

"Untuk mendukungnya, pemerintah kabupaten telah membangun berbagai infrastruktur. Mulai dari tangga masuk, jalan menuju pasarean, dan gazebo," kata Kepala Kantor Pariwisata Bangkalan RAJ Dra Sri Darijah Sundari kepada koran ini, kemarin. "Selaininfra struktur penunjang, pemkab juga membangun fasilitas umum. Seperti, tandon air dan toilet untuk kebutuhan pengunjung. Di Bukit Gegger itu lokasinya kan berada di dataran tinggi dan tidak ada mata air. Sehingga pemkab membuat tandon air berikut jaringan pipa untuk memasok air dari sumber mata air di bawah," ujarnya.

Sundari menjelaskan, Bukit Gegger bisa menjadi tujuan lokasi wisata alam andalan Bangkalan. Apalagi di lokasi tersebut punya latar belakang legenda bahwa penduduk pertama di Madura berada di Bukit Geger. Selain itu, di tempat tersebut kondisi alamnya masih asri.

Sekadar diketahui, di puncak Bukit Gegger terdapat beberapa situs sejarah. Seperti, Makam Tunjung Sekar (Potre Koneng), Goa Putra, Goa Putri, Goa Planangan, serta beberapa makam keramat.

Meskipun sudah banyak fasilitas yang dibangun, namun lokasi tersebut masih butuh penambahan. Seperti, pagar pengaman batu kursi. Sebab, lokasi berada di tepi bukit terjal, sehingga sangat membahayakan pengunjung. (tra)

Sumber : Jawa Pos