Dadang Digaet Khalilurrahman

Pasangan Cabup-Cawabub Mulai Muncul

Pamekasan, Surabaya Post - Nama bakal calon bupati (Cabup) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Pamekasan sudah mulai muncul. Ada dua calon yang dipastikan akan maju dalam Pilkada yang berlangsung sekitar Maret 2008 mendatang. Pertama Drs Achmad Syafii (calon incumbent), yang kini menjabat sebagai bupati Pamekasan, kedua Drs KH Khalilurrahman, anggota FKB DPRD Jatim yang kini menjabat Ketua Dewan Syura DPC PKB Pamekasan.

Achmad Syafii dikabarkan akan diusung kembali oleh partainya yakni PPP. Dalam memberangkatkan Syafii, PPP telah mengandeng sejumlah partai, diantaranya partai yang baru berdiri namun sudah memiliki kekuatan massa besar yakni PKNU Pamekasan. Sedangkan Khalilurrahman dikabarkan akan diusung bersama DPC PKB, PBB, dan Partai Golkar.

Yang menarik dalam memberangkatkan Syafii, PPP tidak menggandeng kembali Drs Kadarisman Sastrodiwirjo yang kini menjadi wakil bupati Pamekasan, melainkan PPP dikabarkan memasang Syafii dengan Ir Masduki Muntaha, putra Pamekasan yang kini sukses sebagai pengusaha dan menjabat sebagai Wakil Ketua DPC PPP di Malang.

Sementara Kadarisman, ditinggal Syafii, langsung digandeng Khalilurrahman. Kabar tentang digandengnya Dadang – sapaan akrab Kadarisman — telah merata di Pamekasan. Pasangan itu didukung kiai pengasuh pesantren besar antara lain KH Muhamad Rofii Baidawi (Banyuanyar), KH Abd Hamid Makhfud (Bata-Bata), KH Mudassir Baruddin (Panyeppen), KH Mawardi Baidawi (Bara' Leke), KH Barmawi, dan KH Lutfhi Toha.

Jika tidak ada calon lagi, pertarungan pasangan calon pimpinan daerah Pamekasan itu akan berlangsung seru. Sebab dua pasangan itu dinilai sama-sama punya kelebihan. Pasangan Syafii-Masduki memiliki kelebihan karena Syafii kini tengah berkuasa. Dia sudah merakyat, dikenal masyarakat luas dengan program dan keberhasilannya yang telah dirasakan oleh rakyat Pamekasan.

Sementara pasangan Khalilurrahman-Kadarisman, punya kelebihan karena selain didukung sejumlah kiai besar, juga pengalaman matang bidang pemerintahan telah melekat pada Kadarisman. Bahkan Kadarisman juga dinilai banyak berjasa mengantarkan Syafii sukses memimpin Pamekasan.

Khalilurahman saat ditemui di rumahnya, Minggu (12/8) sore membenarkan, dia telah memiliki hubungan untuk bergandengan dengan Kadarisman. Dia maju menjadi calon bupati atas dasar permintaan masyarakat dan para ulama. "Saya tidak punya keinginan apalagi ambisi untuk mencalonkan, sebab selama ini saya telah enjoy dengan tugas yang ada. Namun atas permintaan masyarakat dan ulama, maka kami terima tawaran itu," katanya. (mas)

Sumber: Surabaya Post