Dewan Pendidikan Paparkan Program

Bangkalan, Surabaya Post - Pengurus baru Dewan Pendidikan (DP) Kab. Bangkalan yang dilantik Bupati Fuad Amin belum sebulan ini, bertemu dengan DPRD untuk memaparkan program selama 2007.

Pengurus lengkap DP yang mendapatkan SK Bupati itu, ditemui Komisi D. Ada sembilan program yang disampaikan Ketua DP Ir Mondir Rofii, dihadapan para wakil rakyat.

Kesembilan program itu meliputi, sosialisasi dan konsolidasi lembaga pendidikan,
studi banding, turba, hearing, school managent workshop, workshop belajar mengajar, networking, serta institusional support.

"Tujuan semua program itu sudah lengkap kita buat. Seperti program studi banding dengan sasaran pembentukan sekolah unggulan di Bangkalan. Kita berencana studi banding ke Malang, Pamekasan, Surabaya. Termasuk strategi dan dukungan suksesnya kewajiban belajar pendidikan dasar 9 tahun," kata Mondir, Rabu (2/8) siang.

Pimpinan Komisi D, Afif Mahfud, sempat menanyakan keabsahan DP. "Ini perlu. Karena yang berkembang di masyarakat, ada dualisme DP. Maka dari itu kami minta penjelasan keabsahannya," katanya saat memimpin hearing.

Ketua DP, Mondir Rofii, mengatakan bahwa DP dibentuk karena kepengurusan DP sebelumnya sudah habis. Dan pembentukan DP sudah melalui berbagai tahapan.

Dalam rapat dibentuk dewan formatur berjumlah 7 orang yang memilih calon ketua DP. Dimana, dewan formatur diketuai KH M Jasuli Nur, LC dengan anggota KH M Ilyas
Khotib, Drs KH Zainal Abidin, M.Pd, H Moh Hasyim, Drs H Mustahal Rasyid, M.Pd, Drs Jumino MM, M.Pd, dan Drs H Ach Muzaki GH.

Akhirnya, dewan formatur memilih 5 kandidat calon ketua DP. Yakni KH M Ilyas Khotib, Drs H Ach Muzaki GH, KH M Jasuli Nur LC, Ir Mondir Rofii, dan Drs Fathur Rahman Said, SH. Pada kesempatan itu Mondir terpilih secara aklamasi sebagai ketua DP periode 2007-2011 dan di SK bupati.

"Kalau dewan bertanya DP mana yang sah, kami pasti menjawab, DP kamilah yang sah," tegas Mondir. Mendengar penjelasan itu, Afif mengaku puas. (kas)

Sumber: Surabaya Post, Kamis 02/08/2007